Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 Nomor urut 3, Sutarmidji dan Ria Norsan saat mengikuti debat publik antar pasangan calon di Qubu Resort (5/5/2018)
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 Nomor urut 3, Sutarmidji dan Ria Norsan saat mengikuti debat publik antar pasangan calon di Qubu Resort (5/5/2018)

Medianusantaraonline.com, Kubu Raya – Debat publik Pilkada Kalbar putaran kedua ini mengangkat tema pembangunan Ramah Lingkungan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam, yang berlangsung di Qubu Resort, Sabtu (5/5).

Pasangan calon Gubernur Kalimantan Barat No Urut 3, Sutarmidji dan Wakilnya Ria Norsan ditanya oleh moderator tentang terkaitnya pembangunan ramah lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Baca Juga : Midji–Norsan Komitmen Modernisasi Pasar Rakyat

Dalam hal tersebut, midji menerangkan, selama ini penanganan hutan gambut dan lahan kritis hanya slogan saja, buktinya untuk setiap tahun lahan yang gambut berkurang, apakah ini disengaja atau kebakaran.

Midji juga mengatakan, pengurangan lahan gambut kita di kalbar ini terburuk nomor dua, bukan hanya itu deforestasi di kalbar juga terburuk nomor 2, Kebakaran yang terjadi di kalbar juga terburuk nomor 2 sehingga memberikan dampak yang buruh bagi kalbar.

dalam hal itu harus kita cegah dan harus kita selamatkan, manfaatkanlah sumber daya alam kita yang kaya ini untuk kesejahteraan masyarakat, bukan hanya orang-orang yang tertentu saja,” ujarnya.

Kita tidak perna cari solusi yang efektif. Solusi kami ganti tanaman tahunan, dengan demikian masyarakat akan menjaganya dan kita harus cegah deforestasi dan kebakaran di kalbar, ini harus kita selamatkan, dan manfaatkan sumber daya alam kita yang kaya ini, untuk kesejahteraan masyarakat bukan hanya untuk orang-orang yang tertentu saja,” Ujarnya.