Jalan Gajahmada yang telah tampak dihiasi lampion jelang perayaan Imlek

Medianusantaraonline.com, Pontianak – Kasatlantas Polresta Pontianak Kota, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jalan Gajahmada pada puncak perayaan Cap Go Meh 19 Februari mendatang.

Jalan Gajahmada, kata dia, nantinya akan dibuat steril dari kendaraan dimulai pukul 13.00 WIB hingga acara puncak selesai dilaksanakan.

“Seperti jalur dari tol itu dialihkan ke Jalan Imam Bonjol atau masuk ke Jalan Tanjungpura. Dari Jalan Veteran ke arah Jalan Gajahmada juga kita alihkan arusnya ke Jalan Budi Karya,” ujarnya saat dikonfirmasi baru-baru ini.

Kompol Salbiah juga menjelaskan, acara puncak akan dibuka dengan ritual replika naga buka mata di Kelenteng Kwan Tie Bio, di daerah Jalan Diponegoro. Sehingga jalan tersebut juga akan ditutup sementara untuk proses ritual.

“Kemudian untuk replika naga berkunjung ke donatur atau rumah masyarakat Tionghoa juga menggunakan kendaraan, sehingga tidak sampai mengganggu arus lalu lintas,” tukasnya.

Ia juga berharap kerjasama panitia, agar para pemain naga mematuhi peraturan yang sudah disepakati bersama.

Untuk masyarakat, Salbiah mengimbau agar tidak memilih ruas jalan yang akan dijadikan pusat atraksi naga dan atraksi kesenian lainnya pada puncak perayaan Cap Go Meh 2019.

“Sebaiknya masyarakat memilih ruas jalan lain karena jalan kita tutup sementara,” pungkasnya. (Fai)