Bahaya-InfusWater-Berperisa

Kesehatan – Anda termasuk orang yang gemar minum teh berperisa buah? Maka waspada gigi mengalami erosi. Hal ini diungkapkan sebuah penelitian yang dilakukan tim King’s College London. Menurut peneliti sebagian besar orang tak sadar bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsinya dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis lola diet 300 orang dengan gejala erosi gigi dengan 300 orang lainnya yang bergigi sehat.

Peneliti menyimpulkan bahwa menyeruput minuman asam dua kali sehari, seperti infused water, teh lemon atau es teh leci bisa membuat seseorang menderita erosi gigi sebelas kali lebih besar.

Begitu juga dengan produk makanan lainnya seperti permen atau pun keripik, juga dapat memicu pengikisan gigi dalam jangka waktu yang lama.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa diet asam dikaitkan dengan risiko gigi mengalami erosi, namun penelitian kami menunjukkan dampak dari makanan asam dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari juga menyebabkan risiko yang sama,” kata Drg Saoirse O’Toole selaku peneliti utama.

Erosi gigi sendiri tak hanya menurunkan kekuatan gigi namun juga menyebabkan penurunan penampilan. Gigi yang mengalami erosi akan lebih mudah berlubang dan pada kasus yang tak segera ditangani akan membuat Anda kehilangan gigi alias ompong.

“Menghidari konsumsi minuman teh berperisa buah atau keripik sehari-hari dapat menurunkan risiko ini,” tandas Drg Saoirse.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.