Pelari nasional, Lalu Muhammad Zohri, mengibarkan bendera Merah Putih usai menjuarai nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). (Ist)

Medianusantaraonline.com – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah sprinter Lalu Muhammad Zohri. Renovasi rumah itu sebagai hadiah dari pemerintah atas pencapaian Zohri menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

Keberhasilan sprinter Indonesia menorehkan prestasi gemilang di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri, mendapatkan perhatian serius dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengatakan prestasi Zohri membanggakan seluruh bangsa Indonesia. Sebab, Zohri sebelumnya tidak diperhitungkan sama sekali dalam kompetisi itu. “Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok,” kata Presiden.

Selain mengaku bangga atas raihan juara di nomor 100 meter putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 tersebut, Jokowi memberikan apresiasi penuh atas usahanya mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Zohri sebelumnya memang bercita-cita ingin menjadi orang sukses. Zohri juga ingin membangunkan rumah sendiri untuk keluarga.

“Jika saya sukses nanti saya akan membeli tanah, terus membangun rumah sendiri,” ujar kakak kandung Lalu Muhammad Zohri, Baiq Fazilah (29).

Menurutnya, Lalu Muhammad Zohri memiliki kemauan keras untuk menjadi orang sukses, meski di tengah keterbatasan keluarga.

Karena, kedua orang tua Lalu Muhammad Zohri, Lalu Ahmad Yani (Alm) meninggal sekitar tahun 2017 dan Ibunya Saeriah (Almh) juga sudah lebih dulu meninggal dunia sekitar tahun 2015 di saat dirinya masih duduk di bangku sekolah dasar.