operasi penurunan berat badan bisa kurangi risiko penyakit ginjal

Kesehatan – Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti asal Swedia ternyata mengungkapkan bahwa operasi penurunan berat badan atau batriatik pada orang obesitas dapat menurunkan risiko mereka terkena penyakit ginjal. Obesitas sendiri adalah kondisi kelebihan lemak yang dapat meningkatkan risiko kesehatan serius seperti tekanan darah, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe-2 dan penyakit ginjal kronis.

Hasil studi yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity ini menunjukkan bahwa pasien memiliki kadar protein tinggi dalam urin, ikut diuntungkan dari metode bedah penutunan berat badan.

Ini menunjukkan bahwa operasi berhasil mencegah perkembangan masalah penyakit ginjal yang mengarah pada masalah gagal ginjal.

“Penelitian ini melaporkan efek jangka panjang dari operasi bariatrik (operasi penurunan berat badan) dengan perawatan obesitas biasa pada pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir dan kombinasi penyakit ginjal kronis stadium empat,” kata peneliti dari Akademi Sahlgrenska di Universitas Gothenburg, Swedia, A. Shulman.

Untuk penelitian ini, lebih dari 4.000 pasien masalah ginjal berusia 37 hingga 60 tahun juga memiliki permasalahan obesitas. Mereka semua dipantau selama lebih dari 20 tahun dan diteliti perkembangan penyakitnya.

Setengah dari pasien menjalani operasi penurunan berat badan, dan setengah lainnya dirawat dengan metode non-bedah konvensional.

Peneliti mengatakan, hasil ini menambah bukti bahwa operasi penurunan berat badan dapat mengurangi angka kematian akibat masalah diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit kardiovaskular serta kanker.