Asam-lambung
Asam lambung
  1. PPI (Proton-pump Inhibitors) atau Penghambat Pompa Proton

Obat kimia lainnya yang patut untuk Anda ketahui dan coba minum adalah PPI ini di mana fungsinya sangat baik untuk membuat produksi asam dalam perut menurun. Efek samping berbahaya dan berat tidak usah dikhawatirkan karena sama sekali jarang. Bila ada, kondisi yang ditimbulkan dari efek samping obat ini tak seberbahaya yang Anda bayangkan karena hanyalah diare, sakit kepala, atau sembelit. Jika tertarik, lansoprazole, esomeprazole, dan omeprazole adalah contoh obat PPI yang bisa dibeli, namun harus dengan resep dokter.

  1. H2RA

H2RA ini merupakan penghambat reseptor H2 atau bisa juga disebut dengan H2-receptor antagonist. Obat kimia ini berguna dalam menurunkan asam lambung serta secara efektif menjadi penghambat timbulnya efek histamin. Tubuh memerlukan histamin sebagai penghasil asam lambung, jadi Anda membutuhkan obat ini agar asam lambung yang diproduksi tak banyak. Nizatidine dan ranitidine adalah contoh obat H2RA yang dibeli harus dengan resep dokter.

  1. Antasida

Khusus obat satu ini, Anda dapat membelinya langsung di apotek dekat rumah karena saking mudahnya didapat. Tak perlu ditanya lagi, tugas utama obat ini adalah supaya asam lambung bisa dinetralisir, bahkan mampu menurunkan rasa sakit yang diakibatkan tukak lambung. Hanya saja, antasid sama sekali tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya bersama obat lain. Alasan mengapa tak boleh adalah karena berpengaruh terhadap tingkat penyerapan obat lainnya tersebut.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Indonesia dan rupanya kunyit ini sangat berguna dalam mengatasi banyak jenis penyakit. Asam lambung adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang dapat Anda sembuhkan dengan mengonsumsi ramuan dari kunyit.

Caranya: Untuk meramunya, Anda memerlukan kunyit secukupnya untuk Anda cincang-cincang lebih dulu. Kemudian, rebuslah bersama dengan air sebanyak 1,5 gelas dan masaklah kurang lebih 15 menit sebelum kemudian airnya Anda saring setelah mendidih. Supaya lebih nikmat rasanya, silakan tambah dengan gula merah atau madu secukupnya.

  1. Baking Soda

Apabila Anda ingin mencoba obat alami lainnya selain kunyit, baking soda boleh menjadi pilihan. Terlepas dari adanya bahaya baking soda, asam lambung dapat Anda sembuhkan dengan meramu bahan ini. Karena bisa dibeli langsung di toko-toko yang menjual bahan roti, Anda tak akan kesusahan untuk menemukannya.

Caranya: Untuk menggunakannya sebagai obat, Anda perlu mengambil baking soda sebanyak 1 sendok teh untuk Anda campurkan bersama segelas air. Setelah itu Anda bisa langsung meminumnya. Sesederhana itulah cara penggunaannya dan asam lambung akan segera ternetralisir dengan baik oleh zat basa yang ada di dalam baking soda.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai ternyata bisa juga dijadikan obat untuk asam lambung yang naik. Baik bagi penderita asam lambung yang baru mulai merasakannya, maupun yang sudah mulai kambuh-kambuhan, Anda bisa mengonsumsi susu kedelai untuk membuat asam lambung lebih baik.

Fungsi dari susu kedelai ini adalah sebagai penetralisir asam lambung sehingga apabila dikonsumsi secara rutin akan menghasilkan kesembuhan sempurna. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di luar karena susu kedelai ini cukup gampang Anda temukan. Asalkan susu kedelai murni, Anda bisa menggunakannya hanya dengan mengonsumsinya langsung secara rutin supaya cepat pulih.

  1. Cuka Sari Apel

Sepintas ketika mendengar cuka sari apel, jelas Anda akan langsung dapat membayangkan betapa masamnya rasa dari cuka sari apel itu. Apakah asam lambung akan dijamin bisa sembuh ketika mengonsumsi sesuatu yang rasanya asam? Selain menjadi obat penurun gejala kolesterol, cuka sari apel adalah bahan yang aman untuk dijadikan obat asam lambung alami.

Asalkan cuka sari apel yang Anda beli adalah yang cuka sari apel yang organik dan asli, Anda pasti akan merasakan efek positif dari obat tersebut. Meminumnya 1 sendok teh hingga 1 sendok makan setiap harinya 1-2 kali secara rutin bisa dicoba. Atau campurkanlah dengan air putih supaya Anda tidak merasakan rasanya yang terlalu asam.

  1. Pisang

Tanpa obat kimia antasida, Anda pun bisa memperolehnya dari buah pisang. Antasida sendiri merupakan zat yang dikenal baik dalam meredam zat HCI yang berlebihan produksinya. Oleh sebab itulah, pisang adalah jenis buah yang perlu Anda makan demi membuat sakit asam lambung menjadi lebih baik.

Hanya saja, tak semua jenis pisang memang membantu karena jenis pisang ambon bukanlah yang terbaik untuk kesehatan lambung Anda. Cobalah untuk mengonsumsi pisang emas, tapi apabila sudah mengonsumsinya dan hasilnya justru tidak sembuh-sembuh, silakan hentikan segera. Anda bisa beralih ke obat alami lainnya agar asam lambung tak menjadi makin buruk.

  1. Lidah Buaya

Semua orang pasti tahu khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut, namun tak banyak yang tahu bahwa lidah buaya baik juga untuk kesehatan lambung. Bagi para penderita asam lambung, lidah buaya pun bisa diandalkan untuk dijadikan obat saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Fungsi dari lidah buaya ini adalah sebagai penurun risiko inflamasi yang tengah terjadi di dalam lambung. Anda dapat mengambil dagingnya dengan mencuci daun lidah buaya, lalu mengupasnya dan dagingnya dapat Anda buat minuman jus. Tak hanya mengobati asam lambung, lidah buaya pun mampu Anda pakai sebagai pelancar buang air besar.

  1. Jahe

Walau ada efek samping jahe yang kiranya membuat Anda khawatir, jahe sendiri sebetulnya bukanlah rempah yang berbahaya dan harus dijauhi. Jahe membawa banyak manfaat bagi kesehatan manusia, yang mungkin salah satunya kita tahu adalah sebagai obat batuk. Namun kali ini Anda dapat memakainya untuk menyembuhkan asam lambung.

Caranya: Sediakan kurang lebih 2-4 gram jahe yang bisa Anda konsumsi setiap hari, baik itu dengan merebusnya dan meminum air rebusannya atau mengirisnya tipis-tipis untuk dicampurkan ke masakan. Pastikan dosis tidaklah lebih dari itu atau lambung justru makin buruk kondisinya. Pada takaran yang tepat, asam lambung bakal ternetralisir dengan baik oleh berkat jahe ini.

  1. Permen Karet

Tak banyak yang mengetahui bahwa permen karet adalah salah satu obat mujarab untuk mengatasi asam lambung. Ketika mengunyah permen karet, otomatis akan lebih banyak air liur yang terproduksi. Air liur ini bakal masuk ke lambung dan berfungsi membuat asam lambung berlebihan ternetralisir secara sempurna.

  1. Temulawak

Sudah tak diragukan lagi, ketika ada masalah pada lambung, temulawak adalah bahan alami yang mungkin pertama kali bakal muncul di benak Anda. Karena temulawak bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh dan saluran pencernaan. Temulawak akan menjaga kesehatan lambung Anda karena adanya sifat anti inflamasi di dalamnya.

Ini adalah obat alami yang mampu membantu mengatasi pembengkakan pada lambung dan menolong mempercepat kinerja usus halus. Saat proses kerja organ tersebut lebih cepat, otomatis kosongnya bagian lambung pun menjadi lebih cepat juga. Beban dari lambung akan berkurang dengan mengonsumsi temulawak ini secara rutin, yakni air rebusannya setiap hari.

12 Obat Asam Lambung Di Apotik dan Alami

Penyakit asam lambung bukanlah suatu kondisi yang bisa Anda anggap ringan meski Anda mengalaminya sebulan 1 atau 2 kali saja. Ketika kondisi ini berkelanjutan namun tak ditangani secara benar, maka asam lambung jelas berpotensi menjadi lebih kronis. Ada beragam penyebab mengapa asam lambung dapat terjadi pada diri Anda, cek apakah ada dari salah satu poin di bawah ini.

Obesitas. Berat badan yang berlebih biasanya mampu meningkatkan tekanan pada perut lebih daripada mereka yang berat badannya termasuk ideal. Tekanan tersebut mampu menjadi pemicu melemahnya otot LES atau otot yang letaknya ada di bagian bawah organ esofagus.

Stres. Ketika stres, keadaan asam lambung yang tadinya sudah tidak baik dapat menjadi lebih parah. Naiknya asam lambung karena stres juga bisa melemahkan LES.

Hernia hiatus. Ketika terdorongnya sebagian dari lambung mencapai dan melewati diafragma, LES dapat menjadi lemah bagi yang menderita hernia hiatus ini.

Merokok dan minum alkohol. Dua kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan oleh banyak orang ini menjadi faktor yang memperparah otot LES yang melemah sehingga sangat gampang bagi asam lambung kembali meraih area esofagus.

Mengonsumsi coklat dan kopi. Kafein ada di dalam kedua bahan makanan dan minuman tersebut dan sama seperti merokok serta minum alkohol, efeknya akan melemahkan LES. Asam lambung begitu mudahnya nanti untuk ke esofagus.

Mengonsumsi makanan berlemak berlebihan. Berlebihannya makan makanan berlemak jenuh tinggi rupanya tak hanya menyebabkan kolesterol tinggi atau bahkan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Jenis makanan tersebut akan meminta waktu lebih banyak untuk pencernaan dalam melakukan tugasnya dalam mencerna di dalam perut. Asam lambung pun akhirnya terproduksi lebih banyak dari biasanya dan lebih tinggi pula potensi untuk menuju ke esofagus.

Hamil. Faktor ini pun bisa menjadi faktor pemicu asam lambung naik dan kumat. Para wanita hamil dapat mengalami hormon yang berubah dan ini akan berpengaruh terhadap LES yang menjadi lemah. Bahkan ditambah pula dnegan tekanan yang meningkat pada perut Anda.

Ada banyak obat asam lambung yang bisa Anda coba di rumah, baik itu obat kimia maupun tradisional herbal yang aman tanpa efek samping berbahaya. Untuk mengetahuinya satu demi satu, Anda dapat menyimak daftar obat yang dipercaya dapat mengatasi masalah asam lambung. Beberapa rekomendasi di bawah ini dapat dengan mudah Anda jumpai.

  1. Air Hangat

Minum air hangat kelihatannya simpel, apakah memangnya air hangat dapat benar-benar menyembuhkan asam lambung? Air putih sendiri pada dasarnya sangat baik untuk tubuh dan justru akan menghindarkan tubuh dari bahaya dehidrasi. Ingat juga bahwa ada bahaya akibat kurang minum air putih yang mampu mengancam kesehatan tubuh.

Jadi, tak ada salahnya bila Anda menghilangkan rasa mual akibat asam lambung yang naik. Air hangat akan sangat berguna di kala tidak tersedia obat di rumah. Ini karena air putih hangat akan menurunkan asam lambung yang naik secara perlahan. Untuk pertolongan pertama saat mual datang disebabkan asam lambung naik, air putih hangat adalah pilihan yang tepat.

  1. Alginat

Obat satu ini adalah obat kimia yang kiranya tepat untuk Anda konsumsi sebagai solusi gejala asam lambung. Untuk obat ini, Anda bisa mengonsumsinya tepat sesudah makan dan jangan minum sebelum Anda mengisi perut. Alginat ini akan memberikan proteksi pada esofagus dan dinding perut sehingga iritasi lambung yang parah dapat dicegah. Tanpa resep dokter obat ini dapat Anda beli langsung di apotek terdekat.

  1. Prokinetik

Dalam menyembuhkan asam lambung atau sekadar meredakan gejalanya, fungsi obat prokinetik juga bukan main bagusnya. Fungsi utama obat ini adalah sebagai obat yang membuat proses perut kosong lebih cepat. Ini artinya, asam lambung serta makanan yang masuk bisa langsung menuju usus halus.

Dengan demikian, asam lambung tak akan punya kesempatan untuk naik dan mencapai bagian organ esofagus atau kerongkongan Anda. Hanya saja, obat ini bukanlah untuk yang usianya di bawah 20 tahun karena ada efek samping yang cukup mengkhawatirkan. Bethacenol dan domperidone adalah dua contoh obat prokinetik yang memang harus dibeli dengan resep dokter.