KPK Sudah Kantongi Nama-Nama Yang Diduga Terlibat Kasus Romi
KPK Sudah Kantongi Nama-Nama Yang Diduga Terlibat Kasus Romi

Medianusantaraonlie.com – Kader PPP, Romahurmuziy diyakini tidak sendirian dalam kasus dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahkan kini telah mengantongi sejumlah nama yang terlibat dalam kasus Romi tersebut. “Tentu sudah kami identifikasi ya, tapi sampai saat ini, tentu belum bisa disampaikan karena hal itu terkait dengan materi penanganan perkara nanti akan kami dalami terlebih dahulu,” ujar Jurubicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta, Senin (18/3).

Dalam mengungkap nama-nama yang dikantongi, kata Febri, KPK tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. Sekalipun tim penyidik KPK telah mengamankan uang ratusan juta rupiah dari ruangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Dari proses-proses penggeledahan, mempelajari barang bukti ataupun nanti pemeriksaan saksi-saksi. Tentu perlu kami pelajari lebih lanjut kita perlu pahami konstruksi kasus ini ada beberapa pihak,” kata mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu.

Hasil identifikasi KPK menyebutkan bahwa ada pihak yang diduga ikut terlibat bersama-sama dalam melakukan jual beli jabatan di Kemenag. Mereka tidak tidak punya kewenangan secara formal untuk mengatur ataupun melakukan proses seleksi jabatan di Kementerian Agama.

Namun pihak tersebut dapat mempengaruhi, yang kami duga itu dihasilkan dari proses kerja sama dengan Kementerian Agama. Nah dalam konteks ini kami menduga ada perbuatan bersama-sama yang dilakukan oleh tersangka RMY dengan pihak di Kementerian Agama,” imbuhnya.

Dalam kasus ini Romi resmi menyandang status tersangka bersama dengan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

Muafaq dan Haris diduga menyuap Romi untuk mempengaruhi proses seleksi jabatan di Kemenag. Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Sementara Haris sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. (Red)