Cara Atasi Smartphone Cepat Panas Saat Bermain Game

Medianusantaraonline.com – Bagi pengguna smartphone yang hobinya bermain game terkadang sering bertanya-tanya, kenapa pada saat lagi main game suka panas bahkan saat bermain juga mengalami leg atau patah-patah.

Ternyata peyebabnya bisa dikarenakan oleh pengguna ataupun kerusakan dari komponen smartphone yang digunakan.

Berikut tips agar Smartphone anda tidak cepat panas saat bermain game:

Matikan Aplikasi yang sedang berjalan

Secara tidak sadar, ternyata banyak aplikasi berjalan yang tanpa disadari berjalan dengan sendirinya dan membuat baterai android cepat menyusut.
Untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di androidmu, anda bisa melihatnya melalui menuSettings” > “Application Manager” > Lalu pilih menu Running“.
anda bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di androidmu. Jika dirasa tidak diperlukan, anda bisa mematikan aplikasi tersebut dengan cara memberhentikan paksa atau force stop.
 
Kalau kamu tidak ingin ribet melakukan pemberhentian aplikasi secara manual, maka kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner di android. Tak hanya berfungsi untuk membersihkan file sesampahan saja, ia juga memiliki kegunaan untuk memberhenti paksakan aplikasi dalam waktu yang singkat.

Matikan Sambungan Data Saat Bermain Game Offline

Kalau anda sedang bermain game offline, sebaiknya jaringan smartphone anda dalam keadaan mati atau menggunakan airplane mode. Tidak seperti game online yang membutuhkan sinkronisasi data ke server secara real-time untuk terhubung dengan game tersebut.
Lebih baik matikan jaringan internet di android ketika anda sedang memainkan game offline. Beberapa keuntungan yang didapat yakni HP Android tidak cepat panas dan iklan dalam game tersebut menjadi tiada.
Kurangi Tingkat Kecerahan Layar
Tingkat kecerahan layar ternyata juga berpengaruh pada saat anda memainkan sebuah game di android, baik itu game offline ataupun online. Jika kamu memaksakan untuk mendapatkan kecerahan layar yang maksimal, dampaknya yaitu baterai android akan cepat menyusut.
Tak hanya itu, ternyata kinerja ponsel android juga akan terbebani jika anda meningkatkan kecerahan layar ke level tertinggi. Lebih baik gunakan mode pencerahan layar secara Auto, dimana ponsel nantinya akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar ketika anda berada baik saat berada diruangan gelap ataupun terang.

Jangan Bermain Game saat mengecas Smartphone

Jangan dibiasakan bermain game ketika anda sedang mencharger/mengecas smarphone. karena dapat menyebabkan karusakan komponen android jika dilakukan secara terus menerus. ada baiknya anda mencharger/mengecas smartphone secara penuh, dan kemudian mencabutnya lalu menggunakannya dengan suka ria tanpa jeratan kabel.